Selasa, 05 Agustus 2014

Gangguan Afektif, itu apa ya??

teman-teman disini dokter dewi ingin menshare sedikitilmu :D
semoga bisa bermanfaat ya teman-teman :D
semoga ilmu ini bisa menjadikan amal jariyah #eh hehhehee

oke lanjut belajar ya

teman-teman pernah gk mendengar yg namanya gangguan afektif??
nah jadii sekarang dewi mau ngebahas tentang gangguan afektif yaaa
ayuk di catat di bukunya teman2 :D

GANGGUAN AFEKTIF

Merupakan gangguan pada afeksi (emosi) atau mood (suasana hati) seseorang. Dan penderita dapat mengalami depresi atau manik.


nah diatas sudah di sebutkan kan kalau ciri nya yaitu depresi
jadi, Depresi pada orang normal seperti keadaan murung (kesedihan,patah hati, dan patah semangat) ditandai dengan tidak puas, menurunnya aktivitas, dan pesimisme. Sedangkan depresi abnormal seperti ketidakmauan yang ekstrim untuk merespon stimulus dan disertai menurunnya nilai diri, ketidakmampuan, delusi, dan putus asa. (Chaplin,1995).

Depresi melibatkan 3 variabel psikologis pokok yakni
(a) ketergantungan, di mana penderita merasa butuh bantuan atau dukunhan dari orang lain
(b) kritik-diri, di mana penderita membesar-besarkan kesalahan atau kekurangan yang ada pada dirinya
(c) inefficacy perasaan tidak berdaya

terus selain depresi orang dengan gangguan afektif jg mengalami gagguan manik ya :D

jadi, Manik dapat diartikan sebagai tingkah laku berang,keras,bangis,kasar,tidak terkontrol,yang disertai tindakan motorik yang berlebihan dan perilaku impulsif. Dan dikategorikan menjadi episode manik ringan (Hipomania) dan episode parah (Mania).

Pada episode ringan, penderita penuh dengan energi,antusias, dan percaya diri.dan perilaku manik dibandingkan dengan orang normal seringkali lebih mengekspresikan kebencian daripada kegembiraan.

Dan pada episode parah (mania), penderita amat bersemangat dan harus selalu aktif. Jika orang lain menggangunya aktivitasnya,maka ia akan marah dan akan menjadi ganas.Penderita ini selain mengalami disorientasi,juga sering mengalami delusi.

 Gangguan Manik-Depresif
Gangguan Manik-Depresif seringkali disebut dengan istilah gangguan bipolar, karena penderita beralih dari satu kutub perasaan ke kutub perasaan lainnya. Ada beberapa jenis yaitu gangguan efektif ringan, gangguan efektif neurotik, dan psikisis afektif.
  • Gangguan Afektif Ringan
  • Gangguan Afektif Neurotik
Gangguan afektif neurotic adalah gangguan emosi atau mood yang mengakitbatkan fungsi dan aktivitas penderita sangat terhambat, namun tidak sampai mengalami putus kontak dengan realita, nah terus salah satu cirinya itu menunjukkan sikap yg bermusuhan dengan lingkungannya gitu
  •  Psikosis Afektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar