Selasa, 02 Juli 2013

belajar yuk, perbedaan tumor dan kanker


Sering kali masyarakat mendengar penyakit tumor dan kanker.
Dan tak sedikit dari mereka yang belum paham bahwa ternyata tumor dan kanker adalah dua hal yang sangat berbeda. Anda temasuk didalamnya?
Tumor dan kanker mungkin diagnosis yang sama sekali tak ingin Anda dengar dari dokter sebab kedua penyakit ini tak mudah untuk disembuhkan.
Beberapa orang juga akan segera panik ketika dokter memberitahu bahwa ada sejenis tumor di dalam tubuhnya. Beberapa lainnya menganggap benjolan abnormal yang mereka rasakan adalah hal biasa dan bukan kanker yang tak perlu mendapat perawatan intensif.
Sebagian orang menganggap tumor tidak ganas namun lainnya menyebutkan tumor bisa saja ganas. Apa pun itu, yang jelas tumor dan kanker adalah dua hal yang sangat berbeda.

Namun, keduanya bisa saja terkait. Tumor adalah kondisi dimana pertumbuhan sel tidak normal sehingga membentuk suatu lesi atau dalam banyak kasus, benjolan di tubuh.
Benjolan ini kadang keras dan kadang mengganggu fungsi bagian tubuh di mana tumor berkembang. Sedangkan kanker merupakan suatu penyakit degeneratif yang terjadi karena pertumbuhan kelompok sel yang tidak dapat dikontrol.

Harus dijelaskan bahwa tidak semua tumor bersifat kanker. Tumor dapat dibagi menjadi dua yakni tumor jinak dan tumor ganas. Jika Anda atau seseorang menderita tumor jinak maka tumor ini tidak akan menganggung aktivitas harian dan bisa diangkat melalui proses operasi.

Namun, jika jenis tumor yang berkembang adalah jenis yang ganas, maka bisa saja sel kanker telah ditemukan pada pertumbuhan tumor tersebut.
Ini berarti pertumbuhan primer telah menjadi pertumbuhan sekunder sehingga beberapa diantaranya dapat menyerang bagian vital tubuh (Metastatis).
Anda bisa mengetahui bahwa suatu bejolan adalah tumor atau kanker melalui pemeriksaan biopsi, yakni mengambil contoh jaringan dari tubuh dan lalu melakukan serangkaian tes terhadap contoh jaringan yang diambil.
Jika memiliki tumor sebaiknya langsung menjalani pemeriksaan biopsi untuk mengetahui apakah perkembangan tumor tersebut jinak atau ganas. Dalam hal penanganan dan penyembuhan, tumor dan kanker sangat berbeda.
Tumor dapat diatasi dengan melakukan operasi pengangkatan tumor. Sebaliknya, kanker membutuhkan waktu perawatan yang lama yang meliputi operasi, kemoterapi, terapi radiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar