Selasa, 23 Juli 2013

implantasi dan perkembangan plasenta serta embrio

IMPLANTASI & PERKEMBANGAN PLASENTA

Implantasi adalah penempelan blastosis ke dinding rahim, yaitu pada tempatnya tertanam.

Blastosis biasanya tertanam di dekat puncak rahim, pada bagian depan maupun dinding belakang.
Dinding blastosis memiliki ketebalan 1 lapis sel, kecuali pada daerah tertentu terdiri dari 3-4 sel.
Sel-sel di bagian dalam pada dinding blastosis yang tebal akan berkembang menjadi embrio, sedangkan sel-sel di bagian luar tertanam pada dinding rahim dan membentuk plasenta (ari-ari).

Plasenta menghasilkan hormon untuk membantu memelihara kehamilan dan memungkin perputaran oksigen, zat gizi serta limbah antara ibu dan janin.
Implantasi mulai terjadi pada hari ke 5-8 setelah pembuahan dan selesai pada hari ke 9-10.


Dinding blastosis merupakan lapisan luar dari selaput yang membungkus embrio (korion). Lapisan dalam (amnion) mulai dibuat pada hari ke 10-12 dan membentuk kantung amnion.
Kantung amnion berisi cairan jernih (cairan amnion) dan akan mengembang untuk membungkus embrio yang sedang tumbuh, yang mengapung di dalamnya.

Tonjolan kecil (vili) dari plasenta yang sedang tumbuh, memanjang ke dalam dinding rahim dan membentuk percabangan seperti susunan pohon.
Susunan ini menyebabkan penambahan luas daerah kontak antara ibu dan plasenta, sehingga zat gizi dari ibu lebih banyak yang sampai ke janin dan limbah lebih banyak dibuang dari janin ke ibu.
Pembentukan plasenta yang sempurna biasanya selesai pada minggu ke 18-20, tetapi plasenta akan terus tumbuh selama kehamilan dan pada saat persalinan beratnya mencapai 500 gram.

Embrio pertama bergerak ke rahim sekitar 80 jam setelah ovulasi. Setelah masuk ke dalam rongga rahim dalam 7 hari perjalanan, hasil pembuahan yang sudah membelah mulai mencari tempat yang “enak” untuk menempelkan diri (implantasi). Normalnya ia akan menempel pada bagian pucak rahim. Namun jika ada masalah pada lokasi tersebut ia akan mencari tempat lain. Apabila menempel pada bagian bawah rahim nantinya akan menimbulkan menutupnya mulut rahim (terjadi plasenta previa).
Implantasi
Pada tahap ini sel telur yang telah dibuahi sekarang disebut blastocyst, ini adalah cluster yang diisi cairan 50 sampai 60 sel, masih terus berlipat ganda secara cepat. Implantasi blastokista terjadi pada sekitar hari ke 5 sampai hari 8 dari perkembangan embrio.

PERKEMBANGAN EMBRIO

Embrio pertama kali dapat dikenali di dalam blastosis sekitar 10 hari setelah pembuahan. Kemudian mulai terjadi pembentukan daerah yang akan menjadi otak dan medulla spinalis, sedangkan jantung dan pembuluh darah mulai dibentuk pada hari ke 16-17.
Jantung mulai memompa cairan melalui pembuluh darah pada hari ke 20 dan hari berikutnya muncul sel darah merah yang pertama.
Selanjutnya, pembuluh darah terus berkembang di seluruh embrio dan plasenta.

Organ-organ terbentuk sempurna pada usia kehamilan 12 minggu (10 minggu setelah permbuahan), kecuali otak dan medulla spinalis, yang terus mengalami pematangan selama kehamilan.
Kelainan pembentukan organ (malformasi) paling banyak terjadi pada trimester pertama (12 minggu pertama) kehamilan, yang merupakan masa-masa pembentukan organ dimana embrio sangat rentan terhadap efek obat-obatan atau virus. Karena itu seorang wanita hamil sebaiknya tidak menjalani immunisasi atau mengkonsumsi obat-obatan pada trimester pertama kecuali sangat penting untuk melindungi kesehatannya. Pemberian obat-obatan yang diketahui dapat menyebabkan malformasi harus dihindari.

Pada awalnya, perkembangan embrio terjadi dibawah lapisan rahim pada salah satu sisi rongga rahim, tetapi pada minggu ke 12, janin (istilah yang digunakan setelah usia kehamilan mencapai 8 minggu) telah mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga lapisan pada kedua sisi rahim bertemu (karena janin telah memenuhi seluruh rahim).

1. Sebutkan bagian-bagian pada organ reproduksi pria. Sertakan pula fungsi bagian-bagiannya!
Testis: tempat pembentukan sel sperma Epidermis: tempat penyimpanan sementara sperma Vas deferens: saluran tempat jalannya sperma dari epidermis ke vesikula seminalis Uretra: saluran pembuang urine Vesikula seminalis: penghasil
2. Jelaskan oleh Anda bagaimana proses kehamilan hingga tahap implantasi fetus terjadi. Sebutkan juga lokasi-lokasi tempat terjadinya tahapan-tahapan tersebut!
Proses kehamilan diawali dari bertemunya sel telur dan sel sperma di tuba fallopi. Sel telur yang telah dibuahi menjadi zigot. Zigot terus membelah secara mitosis menjadi morula dan blastula. Pada fase blastula, zigot memiliki rongga yang disebut blastosit. Terjadi implantasi di uterus. Blastula berkembang menjadi grastula dengan tiga lapisan, yaitu ektoderm, mesoderm,dan endoderm. Selanjutnya, pada minggu keempat terjadi organogenesis sehingga tahap penyempurnaan pada minggu ke sembilan. Fetus akan terus tumbuh dan berkembang hingga akhirnya dilahirkan pada bulan ke sembilan.
1. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah ....

Untuk menjawab pertanyaan nomor 2 dan 3, perhatikan gambar berikut.
2. Tempat bertemunya sel sperma dan sel telur di tunjukkan pada gambar oleh nomor..
3. Bagian-bagian yang berperan dalam reproduksi wanita di tunjukkan oleh nomor ....
4. Fungsi bagian yang ditunjukkan oleh nomor 8 adalah ….
           
 5. Lapisan ektoderm yang terbentuk pada fase gastrula, pada tahap selanjutnya mengalami diferensiasi menjadi ….
6. Jenis enzim yang terdapat dalam kepala sel sperma adalah …..
7. Proses implantasi fetus terjadi pada …...
8. Perhatikan gambar oogenesis berikut.



Ootid yang memiliki kromosom haploid (n) ditunjukkan oleh nomor ….
9. Zona pelindung pada sel telur dinamakan ….
10. Blastula membentuk tiga lapisan, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Tahap tersebut dinamakan
Kunci Jawaban :

1. untuk melestarikan spesiesnya

2. 4

3. 2, 3, dan 4

4. menyimpan sperma matang

5. kulit dan sistem saraf

6. akrosom

7. uterus

8. 4

9. corona radiata

10. gastrulasi


DAFTAR PUSTAKA
http://humancmplx.blogspot.com/2012/11/soal-reproduksi.html
http://m.medicastore.com/index.php?mod=penyakit&id=586

1 komentar:

  1. Kemungkinan apa saja yang terjadi pada proses implantasi selain yang disebutkan di atas?karna sesuai dengan yang dialami istri saya sesuai dengan keterangan dokter,proses menempelnya blastocyst itu tempatnya dinyatakan kurang baik atau terlalu ke atas dekat dengan tuba falopy karna itu disebabkan adanya penyempitan saluran tuba falopy.apakah itu memang bisa terjadi?atau bagaimana proses selanjutnya,aapakah nantinya bisa bergerak kembali ke tmpat yang lebih baik atau bagaimana?trimakasih

    BalasHapus